Cara Merawat AC Low Watt

By | January 15, 2018

Jumlah perawatan yang bisa dilakukan pemilik rumah pada AC low watt biasanya terbatas, namun beberapa langkah sederhana dan mudah dilakukan dapat memberikan kehidupan baru ke unit yang lebih tua dan berkinerja buruk atau yang menghasilkan bau tak sedap.

Cara Merawat AC Low Watt

1. Cabut steker AC low watt. Lepaskan daya dari unit.

2. Bersihkan bezel atau penutup unit jika diperlukan. Lepaskan saringan untuk membuka kumparan pendingin. Selain itu, beberapa model mengharuskan penutup depan atau bezel dilepas untuk memungkinkan akses penuh ke koil. Biasanya penutupnya diamankan dengan sekrup ,beberapa di antaranya hanya terlihat saat saringan dilepas.

3. Sediakan koil depan AC dengan bahan pembersih yang dirancang untuk penggunaan ini. Home Depot dan banyak pusat pasokan rumah dan toko peralatan lainnya menjual produk secara terpisah untuk pekerjaan khusus ini. Pembersih ini akan membantu menghilangkan bau dari kotoran, jamur, lumut, cerutu & asap rokok, dll dari gulungan. Gunakan perawatan untuk melihat bahwa hanya gulungan yang ditutupi dengan pembersih. Cegah busa dari penyemprotan kabel listrik, kontrol atau bagian lainnya. Pembersih tipe berbusa akan bekerja paling baik hanya jika digunakan sesuai petunjuk.

4.Bersihkan saringan. Bersihkan saringan dengan air biasa atau ganti jika hilang. Filter bersih adalah suatu keharusan. Jauh lebih mudah dan murah untuk menghilangkan dan membersihkan saringan setiap 15 jam (kurang lebih tergantung kadar debu atau kotoran di dalam ruangan) daripada membersihkan AC dengan pembersih busa. Jika saringan dicurigai berkontribusi terhadap bau, rendam dan cuci dengan sedikit sabun wangi atau deterjen.

5. Ganti cover dan filter dan restore power setelah sekitar 10 – 15 menit.

6.Jalankan pendingin ruangan. Atur termostat ke pengaturan yang paling dingin. Udara lembab di dalamnya akan mengembun saat melewati kumparan dingin. Kondensat akan membilas kotoran dan busa dari gulungan, dan mengumpulkan dalam panci tetes. Panci tetesan akan mengalir keluar tapi hanya jika AC terpasang dengan benar (kembali sedikit miring ke bawah ke tanah).

7.Ulangi jika perlu. Jika AC telah terbengkalai, mungkin diperlukan aplikasi kedua untuk menghasilkan udara dingin dan bebas dari bau. Tunggu sampai gulungan bebas dari busa sebelum diaplikasikan kembali. Jika unit membuat udara sejuk namun gagal membuat kondensat untuk mencuci kumparan, mungkin karena kelembabannya rendah. Dalam kondisi kelembaban rendah, dibutuhkan waktu lebih lama untuk membilas gulungannya. Jika unit gagal membuat udara dingin, kemungkinan kehilangan muatan refrigeran atau kompresor telah gagal bekerja.

8.Matikan unit dan putuskan daya.

9. Periksa gulungan kabel luar.

10.Bersihkan gulungan luar jika diinginkan. Kumparan luar terkena air hujan dan mungkin tidak perlu dibersihkan. Jika tidak yakin, atau di tempat yang berdebu atau kotor, mungkin akan membantu membersihkannya. Oleskan pembersih berbusa dengan unit mati. Biarkan 10 – 15 menit agar pembersih berbusa bekerja.

11.Bilas foaming cleanser dengan selang taman. Karena tidak ada kondensat yang terbentuk pada koil outdoor saat unit dijalankan, maka harus dibilas secara manual. Jangan memaksakan aliran air langsung ke gulungan, tapi biarkan saja busa mengapung saat air dibiarkan mengalir di atas gulungan.

12.Sambungkan kembali daya dan uji. Atur untuk mendinginkan dan mengatur termostat ke suhu rendah. Udara yang keluar harus dingin dan berbau bersih. Jika tidak, mungkin ini saatnya untuk servis atau penggantian.

13.Tahu kapan saatnya untuk membeli AC low watt baru. Pemeliharaannya dan perawatan bagus tapi terkadang AC rusak tidak bisa diperbaiki lagi.