Pemahaman Asam Urat

By | January 10, 2018

Asam urat adalah zat lain yang diciptakan secara alami oleh tubuh kita saat melewati proses menghilangkan purin dari tubuh. Purin adalah zat yang secara alami terjadi pada banyak produk makanan dengan konsentrasi tinggi pada produk daging. Dalam istilah biologi, telah ditunjukkan bahwa terlalu banyak asam urat dapat menyebabkan masalah bagi tubuh sementara juga menunjukkan beberapa karakteristik yang bermanfaat. Bagaimana konflik ini bekerja dengan sendirinya dan bagaimana menjaga keseimbangan antara tingkat asam urat yang terlalu tinggi dan jumlah yang terlalu rendah tetapi tetap mempertahankan manfaat asam urat?

Artikel ini akan memberikan riwayat singkat Asam Urat termasuk melihat dari mana asalnya, makanan apa yang mengandung asam urat, kegunaannya dan obat asam urat. Saya juga akan menunjukkan bagaimana penggunaannya hari ini dan kemudian saya akan memeriksa beberapa klaim dan mitos tentang asam urat untuk menemukan kebenaran mengenai senyawa yang sering disalahpahami ini.

Asal Mula dan Obat Asam Urat

Seperti disebutkan sebelumnya, asam urat tidak terjadi secara alami namun merupakan produk sampingan dari proses alami. Asam urat diproduksi saat proses ginjal purin. Purin adalah unsur alami yang ditemukan di hampir semua jenis makanan. Alasan untuk ini adalah bahwa purin benar-benar elemen penting untuk kehidupan karena merupakan bagian dari struktur kimia semua tumbuhan dan hewan. Ada sub-set kecil makanan yang mengandung konsentrasi purin tinggi. Ini termasuk daging organ seperti ginjal, hati atau ikan seperti makarel dan ikan haring. Bila makanan ini tertelan, purin kemudian dipecah. Hasil akhir dari proses ini adalah asam urat.

Sepertinya hampir semua proses alami tubuh kita memiliki sisi negatif, dan tidak berbeda dengan produksi asam urat. Terlalu banyak produksi asam urat bisa membebani ginjal. Ginjal manusia adalah penyeimbang penting karena memastikan keseimbangan yang tepat antara asam urat yang dibutuhkan untuk berbagai proses tubuh dan sisa asam urat yang perlu diproses. Bila terlalu banyak asam urat yang dikonsumsi, proses ginjallah yang dibutuhkan dan kemudian menggunakan asam urat berlebih untuk membentuk kristal. Kristal ini kemudian disimpan ke area penyimpanan alami di tubuh kita.